Kata Hati

Category:


Setiap manusia mempunyai kata hati yang merupakan bagian komponen ruh dan tubuh manusia, dengan bekal inilah manusia meraih kesuksesan dalam menjalani kehidupan. Kuat tidaknya kata hati seseorang bisa menggambarkan kekuatan karakternya. Ada orang yang tidak mampu memenangkan kata hatinya, karena ada tekanan dari otoritas. Ada orang yang sengaja tidak mau mendengarkan kata hatinya karena pengaruh ego yang teramat besar. Bisa juga kata hati tidak dilatih untuk berbicara dan didengar sehingga seorang individu terlihat berinteligensi emosi rendah. Individu yang berkata hati kuat melakukan hal yang benar bukan karena aturan atau perintah, tetapi karena hal ini memang dianggapnya “benar”.

Kata Hati harus dikembangkan, kita semua memiliki kemampuan intuitif yang unik. Dan bukanlah suatu yang emosional hanya saja menuntut perhatian yang jernih terhadap berbagai pilihan. Karena kata hati dan alasan logis adalah dua hal yang saling melengkapi, kombinasi antara alasan, pengalaman serta informasi adalah penggerak dan kekuatan yang dahsyat.
Pertanyaannya, bagaimana setiap individu mengasah dan mengembangkan kata hatinya?

Seorang ahli manajemen mengatakan bahwa tumbuhnya karakter berkata hati, dimulai dari tanggung jawab. Pimpinan yang bertanggung jawab terhadap suatu kejadian dan tidak asal “cuci tangan”, terbukti bersahabat dengan kata hatinya. Tanggung jawabnya tidak sebatas konsekuensi yang terlihat saja, tetapi kepada intense, kehendak, keterlibatan dari para pelaku yang menjadi tanggung jawabnya.

Orang yang bertanggung jawab penuh juga biasanya terlihat mematuhi aturan, biasa mengantre, mau mengikuti aturan lalu lintas. Bila ahli hukum, etika penegak hukum pun akan dijadikan patokan perilaku. Bila ia seorang ahli teknik, ia akan mengembangkan gagasan yang manusiawi dan komprehensif serta mengikuti etika dalam menghasilkan sebuah karya.

Kepatuhan pada aturan ini mempermudah seseorang untuk membangun pagar yang jelas antara baik dan buruk, sehingga ketika ia mengambil keputusan kata hatinya pun dengan mudah membantunya membuat alasan moral yang tepat untuk kebaikan diri, keluarga dan masyarakat dalam cakupan luas.   

Ps
Semoga sukses… :)

Comments (0)