“Terima Kasih” Kata Sederhana Penuh Makna

Category:

Salah satu kata yang terasa ringan dan terdengar sederhana. Mudah, namun seringkali terasa berat ketika harus mengucapkannya. Padahal ada makna tersendiri didalam ucapan terima kasih tersebut. Disana mengandung makna sebuah apresiasi yang tinggi bagi yang sering mengucapkan dan menerima ucapan tersebut serta mengandung efek secara psikologis yang sangat besar dampaknya.

Hasil riset menunjukan, mengucapkan terima kasih, tak hanya membantu orang yang menerima ucapan itu sendiri, namun juga yang mengucapkannya. Ucapan itu juga mampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dalam bersikap saat menjalani sebuah hubungan sosial. Ekspresi wajah saat mengucapkan terima kasih menggambarkan Anda menjadi seorang yang bertanggung jawab terhadap orang-orang disekitar.

Mengucapkan dan menerima ucapan terima kasih merupakan tanda kebersyukuran. Ada beberapa proses yang mengalir tanpa disadari yaitu menerima – bersyukur – memberi. Dan hebatnya lagi jiwapun akan semakin peka serta berkembang atas apresiasi yang telah diberikan.

Meski riset terdahulu menyimpulkan ekspresi saat mengucapkan terima kasih menghadirkan kepuasan dalam sebuah hubungan sosial, riset paling anyar yang dipublikasikan secara online dalam Psychological Science mencatat, ekspresi saat mengucapkan terima kasih tidak hanya menghadirkan kepuasan dalam sebuah hubungan melainkan kekuatan antar komunal didalamnya, sebuah tingkatan tanggung jawab yang mencakup orang-orang disekitar dan lingkungan. Pemimpin riset, Nathaniel Lambert dari Florida State University Tallahassee, menyatakan, “Ketika Anda mengekspresikan ucapan terima kasih, anda terfokus pada hal baik yang telah dilakukan untuk anda. Hal ini membuat anda berpikir positif dan membantu anda untuk fokus pada jalan yang benar”

Secara terpisah, Pakar Psikologi dari University of California, Davis, Robert A. Emmons dalam bukunya yang berjudul Thanks! : How the New Science of Gratitude Can Make Happier mengatakan “Ucapan terima kasih dapat merajut dan mengikat orang-orang kedalam hubungan timbal balik serta akan membimbing individu pada keterikatan secara emosi”. Lambert pun menambahkan, “Seseorang yang mengucapkan terima kasih begitu terbuka pada hubungan sosial, lebih komunal, mau berkorban dan membantu individu orang lain”

Jadi sempatkanlah untuk menyampaikan rasa terima kasih tetapi mudahkanlah melupakan serta memaafkan sikap orang lain yang menyakitkan. Mari menjadi pribadi yang mau ikut berbahagia dan berbagi didalam setiap kesempatan.

Sebelum mengucapkan terima kasih atas apresiasi terhadap apa yang orang lain berikan, sudahkah kita mengucapkannya pada setiap bangun di pagi hari sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada-Nya?

Terima kasih.

Ps 
dari berbagai sumber

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/04/08/%E2%80%9Cterima-kasih%E2%80%9D-kata-sederhana-penuh-makna/

Comments (0)